Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

3 Tahap Utama Cara Menggunakan Mesin CNC Laser Cutting

3 Tahap Utama Cara Menggunakan Mesin CNC Laser Cutting

Sederhana dan relatif mudah dipelajari.

Tingkatkan konsistensi kualitas produk dan efisiensi perusahaan manufaktur dengan cara menggunakan mesin CNC laser cutting.





Infongapak.com - CNC laser cutting adalah mesin yang banyak dipakai oleh perusahaan manufaktur untuk memotong atau meng grafir suatu jenis material. Jika Anda kebetulan bergerak dalam industri itu, tentu ada baiknya mengetahui cara menggunakan mesin CNC laser cutting.   


Seperti namanya, cara menggunakan mesin CNC laser cutting ini didasarkan pada prinsip computer numerical control (CNC). Mesin ini bekerja berdasarkan tiga sumbu koordinat, yakni x, y, dan z. 


Cara mengoperasikan mesin CNC ini barangkali memang akan sedikit berbeda untuk masing-masing merk. Namun, secara garis besar langkah-langkah pengoperasian mesin tersebut dapat dibagi menjadi tiga tahap utama. 


Tahap-tahap pengoperasian mesin CNC laser cutting tersebut adalah sebagai berikut: 


Pemindaian material

Hal ini bertujuan untuk menentukan jenis mesin CNC laser cutting yang tepat untuk dipakai menanganinya.


Untuk mengerjakan kayu dan material lain yang bersifat lunak, Anda dapat menggunakan mesin router CNC. Sedangkan untuk material logam yang bersifat keras, mesin milling CNC adalah pilihan yang tepat. 


Persiapan software mesin CNC

Tahap ini terdiri dari beberapa langkah, yaitu:

  1. Merancang desain produk dengan software CAD (Computer Aided Design)

  2. Mengekspor gambar desain ke software CAM (Computer Aided Manufacturing)

Pada langkah ini, Anda juga perlu menambahkan beberapa keterangan menyangkut pengerjaan yang akan  dilakukan ke dalam CAM. Keterangan tersebut antara lain menyangkut jenis mesin CNC yang dipakai, ketebalan material yang akan dikerjakan, kecepatan pemotongan, dll.  

  1. Memastikan G-code sudah terunggah dengan sempurna agar mesin CNC siap beroperasi

G-code inilah yang nantinya berfungsi untuk mengontrol operasi mesin CNC. Pada mesin keluaran terbaru, g-code tersebut umumnya akan langsung diungah secara otomatis. Namun, pada mesin seri lama, Anda perlu mengetikkannya secara manual melalui CAD dan CAM.  


Pengoperasian mesin CNC

Setelah g-code terunggah, mesin CNC kini telah siap beroperasi. Pastikan Anda sudah meletakkan material yang hendak dikerjakan dengan benar pada tempatnya sebelum memulai proses operasional mesin.


Pastikan pula head mesin tersebut sudah berada pada posisi awal pengerjaan yang tepat untuk menghindari terjadinya kekeliruan dalam proses pengerjaan. 


Pengerjaan material menggunakan mesin CNC laser cutting mampu menghasilkan produk yang seragam dalam jumlah banyak serta kualitas yang relatif konsisten.


Mesin itu juga bisa beroperasi nyaris non-stop dan hanya perlu sesekali dimatikan untuk pemeliharaan. 


Cara pengoperasiannya yang relatif mudah dipelajari itu juga bisa meringankan beban perusahaan untuk mencari pekerja dengan keterampilan khusus yang seragam.


Efisiensi kerja pun dapat ditingkatkan karena satu pekerja bisa mengawasi beberapa mesin sekaligus. 


Penggunaan mesin CNC laser cutting memang mampu memberikan banyak keuntungan. Tak heran, banyak industri manufaktur yang memilih untuk melakukan proses pengerjaan materialnya dengan cara menggunakan mesin CNC laser cutting tersebut.  


Kalau banyak pelaku usaha atau bisnis yang sudah mampu menjalankan jenis usaha ini, tentu Anda juga bisa.


Yang terpenting siapkan beberapa hal-hal yang dibutuhkan untuk membangun  usaha ini dengan baik, dengan begitu saat usaha sudah berjalan Anda tidak lagi harus repot untuk mengurusi hal-hal lainnya.


Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa menjadi salah satu referensi peluang usaha atau bisnis kekinian untuk Anda yang sedang mencari ide bisnis. Selamat mencoba dan semoga berhasil yah!


, ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Tahap Utama Cara Menggunakan Mesin CNC Laser Cutting"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer