Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

 

efek samping vaksinasi
Khawatir akan efek samping Vaksinasi Covid-19, berikut ada beberapa cara untuk mengatasi agar tetap fit setelah menerima vaksin. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi khawatir dengan efeknya suntik yang sudah dijalankan.

  

 

 

Infongapak.com - Program vaksinasi yang tengah digalakkan oleh pemerintah sekarang ini turut menjadi polemik tersendiri bagi masyarakat. Karena membutuhkan kondisi tubuh yang sudah sesuai dengan syarat vaksinasi, efek samping vaksinasi Covid-19 ternyata juga menjadi kepanikan tersendiri. Sehingga membuat masyarakat enggan untuk suntik vaksin. Padahal kalau sudah melakukan suntik vaksin, masyarakat tidak hanya dapat melindungi dirinya sendiri dari paparan virus korona, tetapi juga melindungi keluarga dan orang disekitarnya.

Program yang digalakkan berupa suntik vaksin oleh pemerintah tidak hanya dilakukan di Indonesia saja, tetapi juga serentak dilakukan di banyak negara yang memiliki angka dari kasus penyebaran virus korona. Di Indonesia sendiri, pemberian suntik vaksinasi Covid-19 hanya dilakukan di dua pulau, yakni Pulau Jawa dan Bali.

Efek Samping Vaksinasi Covid-19 Yang Dirasakan

Efek samping vaksinasi Covid-19 tidak hanya satu yang dirasakan oleh masyarakat yang pernah melakukan vaksin, tapi ada beberapa efek samping yang dirasakan. Oleh sebab itu sangat disarankan sebelum dilakukan suntik vaksin, masyarakat yang ingin melakukan vaksin untuk memeriksakan diri terlebih dahulu. Ketahui dengan pasti kondisi tubuh diri sendiri agar tidak memberikan dampak yang tidak diinginkan.

Lantas efek samping apa saja yang akan dialami seseorang yang sudah melakukan vaksinasi Covid-19? Berikut ringkasannya.

Efek samping vaksinasi Covid-19 sebenarnya ada bermacam-macam, semua tergantung dari kondisi tubuh yang dimiliki saat akan dilakukan vaksin. Karena pada dasarnya kondisi tubuh orang yang satu dengan yang lainnya adalah berbeda-beda, jadi wajib untuk melakukan pemeriksaan mandiri untuk mengetahuinya. Berikut beberapa efek yang sering muncul setelah dilakukan vaksinasi Covid-19. Diantaranya adalah :

1.      Demam

Efek pertama yang sering terjadi pada seseorang yang sudah divaksin adalah akan menimbulkan panas hingga demam. Panas demam ini suhunya biasanya diatas 38 derajat celcius. Jika merasakan efek tersebut, diperbolehkan untuk minum penurun panas.

2.      Badan Pegal-Pegal

Efek lain yang dirasakan adalah badan yang terasa pegal-pegal. Seluruh tubuh akan terasa capek dan linu, seperti habis melakukan pekerjaan yang berat. Sebaiknya segera beristirahat dan minum suplemen agar tubuh tidak drop. Jangan memaksakan diri untuk melakukan pekerjaan yang berat terlebih dahulu, pastikan dengan benar kalau tubuh memang sudah siap untuk melakukan aktivitas seperti sebelumnya.

3.      Pusing

Efek selanjutnya adalah menimbulkan sakit kepala atau pusing. Kepala juga akan terasa berat, untuk mengatasi efek tersebut dianjurkan segera minum pereda nyeri, agar keluhan sakit kepala atau pusing dapat ditangani segera.

4.      Mual Dan Ingin Muntah

Setelah vaksinasi, tubuh juga dapat terjadi gejala mual dan muntah. Ditandai dengan perut begah seperti serangan maag. Jika mengalami efek tersebut, segera minum minuman hangat dan manis. Apabila perlu bisa minum obat mual dan muntah.

5.      Mengantuk

Efek yang paling sering terjadi adalah tubuh akan merasakan ngantuk yang sangat parah. Meski sudah tidur tetap mata akan berat dan rasanya ingin tidur terus. Sebaiknya jangan memaksakan diri untuk tetap terjaga, usahakan untuk banyak minum air putih agar keseimbangan air dalam tubuh tetap terjaga dengan baik. Meskipun tubuh terasa sangat lelah dan mengantuk luar biasa, keseimbangan ion tetap harus dijaga dengan rutin minum air putih.

6.      Sakit Pada Bengkak Di Sekitar Area Penyuntikan

Yang sering terjadi setelah vaksin adalah rasa nyeri, pegal atau bengkak pada lengan atau area penyuntikan. Jika terjadi hal tersebut bisa dikompres dengan air hangat.

Di atas tadi adalah efek samping vaksinasi Covid-19. Yang jelas ,memang setelah menerima vaksin sebaiknya istirahat total jangan lupa minum tambahan suplemen vitamin agar tubuh tetap fit saat membentuk antibodi. Selain itu juga jangan lupa untuk rutin memeriksakan diri beberapa hari sebelum melakukan suntik vaksinasi Covid-19. Semoga ulasannya bermanfaat yah, yuk suntik vaksin agar terhindar dari virus Corona!

 

,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer