Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Contoh Pedagang Asongan Yang Ada Di Sekitar Ibu Kota dan Kota Besar Lainnya

Contoh Pedagang Asongan

Contoh pedagang asongan bisa kita temukan banyak di lingkungan sekitar. Terutama bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar. Tentu pertemuan dengan mereka akan lebih intens di tempat-tempat umum, seperti stasiun maupun terminal.




Infongapak.com - Berikhtiar mencari pekerjaan adalah kewajiban setiap orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satu pekerjaan yang tampaknya sepele bahkan sering ditemui adalah pedagang cangcimen (kacang, kuaci, permen) yang merupakan contoh pedagang asongan. Dimana mereka harus bekerja dari pagi sampai malam hanya untuk menjajakan barang dagangannya pada penumpang yang ada di dalam bus atau angkutan lainnya. 

Usaha yang mereka lakukan tersebut dilakukan atas dasar kemandirian dan ada juga karena keterpaksaan.

Secara terminologi, arti dari pedagang asongan sendiri adalah penjual yang langsung menawarkan barang dagangannya kepada konsumen dengan cara diasong. Berikut ini pembahasan mengenai pedagang asongan yang dilakukan atas dua dasar, yakni :

  • Kemandirian 

Pola pikir setiap orang tentu berbeda dalam hal memecahkan kesulitan hidup untuk mencari nafkah. Ada orang yang memulai usaha dengan berdagang asongan. Dia bertujuan mengumpulkan modal untuk mengembangkan bisnis dan menjadi pedagang sukses. Hal tersebut karena dia memiliki jiwa wirausaha untuk hidup mandiri.


  • Keterpaksaan

Golongan kedua yang berdagang asongan karena keterpaksaan karena tidak ada pekerjaan lain. Pedagang seperti ini akan berganti profesi jika ada pekerjaan lain yang lebih menjanjikan karena Dia berjualan bukan berdasarkan jiwa wirausaha.


Contoh Pedagang Asongan yang Ada di Sekitar Kita


Banyak contoh pedagang asongan yang ada disekitar kita, baik di lingkungan tertentu seperti terminal, pasar, maupun di lingkungan rumah kita sendiri. Berikut adalah contoh dari pedagang berdagang secara asongan, diantaranya :

  • Pedagang di Kendaraan

Para pedagang tersebut biasanya berjualan di tempat yang memiliki banyak peluang untuk mencari konsumen. Misalnya pedagang asongan di bis atau sarana angkutan lainnya. Mereka biasanya menjual makanan ringan pada para penumpang.



  • Pedagang di pasar

Ada pula pedagang asongan mangkal di pasar karena tempat tersebut banyak dikunjungi oleh konsumen yang hendak berbelanja. Misalnya ada yang menjual perlengkapan dapur seperti serbet, korek api, kantong wadah belanja, dan lain-lain.



  • Pedagang Door to Door

Pedagang asongan juga ada yang menjajakan barang dagangannya dengan cara door to door. Biasanya Dia berkeliling kampung atau perumahan untuk menjual produknya secara langsung dari rumah ke rumah. 


Ini adalah cara bagus untuk pedagang asongan yang memiliki jiwa wirausaha. Hal ini disebabkan oleh faktor analisa yang mereka miliki untuk mengetahui tempat tinggal konsumen yang kedepannya bisa dijadikan pelanggan setia. 


Para pedagang asongan terdiri dari dua jenis yaitu berdasarkan jiwa wirausaha untuk mandiri, tetapi ada juga karena keterpaksaan. Banyak contoh pedagang asongan yang sukses berbisnis karena memiliki perencanaan matang mengembangkan usaha yang berawal dari berdagang langsung pada konsumen.



,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Pedagang Asongan Yang Ada Di Sekitar Ibu Kota dan Kota Besar Lainnya"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer