cara dan jenis pemijahan atau pembenihan ikan lele dengan mudah

 


InfoNgapak.com – cara dan jenis pemijahan atau pembenihan ikan lele dengan mudah. Perlu diketahi sedulur ngapak bila anda ingin mengembangakn berternak ikan lele tentu belum lengkap bila anda belum mencoba bagaimana langkah demi langkah cara pemijahan bibit ikan lele,terkadang peternak lele tidak mau direpotkan dengan pemijahan atau pembibitan benih ikan lele sendiri,biasanya peternak ikan lele membeli benih yang sudah siap untuk diternak.

Tidak ada salahnya anda untuk mencobanya agar anda tidak ketergantungan dengan penjual bibit ikan lele,misal penjual tutup atau harga bibit ikan lele mahal sehingga akan merusak mut anda untuk beternak karena biaya yang dikeluarkan semakin mahal.tetapi tidak bila anda bisa secara mandiri melakukan pemijahan pembenihan bibit secara mandiri.

Perlu diketahui sedulur ngapak bahwa pemijahan ikan lele ada 3 jenis yang masing masing bisa anda coba untuk mempraktekanya mana yang sekiranya lebih mudah untuk anda kuasai,yang pertama adalah sebagai berikut:

1.       Pemijahan alami (natural spawing).

Yang peryama adalah jenis pemijahan alami yang yaitu jenis pemijahan yang dilakukan oleh ikan lele itu sendiri tanpa campur tangan manusia misal penyuntikan hosrmon ,penyuntikan pematnagan atau dengan bantuan alat lainya.proses pemijahan secara alami bisa anda lakukan dengan cara mencampurkan dua jenis ikan lele yaitu jantan dan betina dan di campurkan ke dalam satu wadah untuk proses berkembang biak.

Untuk ukuran kolam untuk proses pemijahan secara alami anda bisa membuatkan kolam dengan ukuran kira kira 2 x 1 meter dan kira kira dengan ketinggian 15 hingga 30 cm.untuk suhu dan sanitasi pada kolam bisa anda sesuaikan dengan karakter lele itu sendiri dan jangan ditambahkan dengan perangsang apapun.

Untuk selama proses pemijahan diharapkan kolam ditutup agar proses pemijahan bisa berlangsung dan tidak terganggu dan biasa proses berlangsung pada tempat yang hangat dan gelap .dan untuk kakaban tempat pelekatan telur anda bisa siapkan kira kira berukuran 25- 50 cm dan diletakan pada dasar kolam.

Perlu diketahui sedulur ngapak ,biasanya proses pemijahan berlangsung pada malam hari dan bila telur sudah menempel pada kakaban segera pindahkan kakaban tersebut atau telur tersebut pada tempat penetasan yang sudah disiapkan.

2.       Pemijahan semi buatan

Perlu diketahu sedulur ngapak,pemijahan ikan lele dengan cara semi buatan ini juga dilakuakan secara pemijahan alami dari benih ikan lele tetapi tidak ada proses perkawinan antara benih lele betina dan benih lele jantan,tetapi dengan cara lele betina disuntik dengan hormon ke tubuh ikan lele betinaagar bisa lebih cepat proses pematangan gonad atau sel telur pada tubuh ikan lele tersebut.

Untuk proses penyuntikan hormon dilakukan dengan sesuai bobot ikan lele tersebut maka di anjurkan sebelum dilakukan proses penyuntikan horman sebaiknya di timbang terlebih dahulu.

Untuk dosisnya sendiri adalah 0,2 per kilo gram yang telah di encerkan dengan larutan NaCl 0,9 persen kurang lebih 0,3 per kilogram induk ikan lele.setelah proses penyuntikan ikan lele betina dilepas pada kolam untuk melakukan proses pemijahan secara alami.

 

3.       Pemijahan buatan

Untuk proses pemijahan yang terakhir adalah pemijahan secara buatan,untuk proses pemijahan sendiri dilakukan penyuntikan pada induk ikan lele betina dan dilakukan proses treatment stripping oleh pembudidaya sendiri.

Perlu diketahui sedulur ngapak untuk proses penyuntikan dilakuakan menggunakan hormon gonadotropin yang berfungsi untuk mengacu proses pematangan sel telur.

Setelah dilakukan proses penyuntikan akan diberikan proses pengurutan pada ikan lele betina agar memperlancar proses bertelor.

Semoga bermanfaat,salam ngapak.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "cara dan jenis pemijahan atau pembenihan ikan lele dengan mudah"

Posting Komentar