Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Langkah sukses memulai ternak kambing


nfoNgapak.com - Langkah sukses memulai ternak kambing.
Memelihara kambing sudah banyak dilakukan di daerha pedesaan atau perkampungan dari dulu hingga sekarang masih melekat di lingkungan.

Mengapa ternak kambing sampai sekarang menjadi pilihan masyarakat perkampungan.karena menurut saya dengan memilih ternak kambing dapat menambahkan tambahan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.selain itu juga penjualannya terbilang sangat mudah dan banyak peminatnya.
Dari segi pakan juga bisa dicari pada pekarangan atau sawah disambi pulang dari sawah atau berkebun jadi menurut saya dengan memelihara kambing adalah pilihan yang sangat tepat untuk kalangan menengah kebawah.
Cara Ternak Kambing – Usaha peternakan kambing saat ini masih banyak yang bersifat usaha sampingan dan dilakukan secara tradisional. Hal ini sangat disayangkan, mengingat peluang usaha ternak kambing masih terbuka lebar dan sangat menguntungkan.
Dari segi perawatan pemeliharaan kambing ini juga dirasa sangat simpel dan mudah tidak memerlukan biaya yang besar.
Selain itu target pangsa pasar juga mengena pada semua kalangan dari kalanagn bawah hingga atas semua menyukai kambing baik untuk konsumsi juga untuk diternak kembali tiap hari selalu meningkat permintaannya.jadi jangan salah potensi berternak kambing ini adalah salah satu peluang usaha yang sangat menggiurkan.
Yang perlu diperhatikan sebelum anda memulai ternak kambing adalah masalah:

Manajemen kandang

syarat kandang kambing ,ukuran kandang,perawatan kandang. Hal ini menjadi penting karena dengan kandang yang memenuhi standar akan mempengaruhi perkembangan kambing dalam kandang.
Dalam manajemen kandang ternak kambing harus posisi yang tinggi dan terhindar dari genangan air.jangan terkena hembusan angin secara langsung tetapi cukup sinar matahari.
Bibit kambing,masalah bibit kambing juga penting karena dengan bibit saat akan memulai ternak kita akan menentukan masa depan hasil yang diperoleh dengan kualitas kambing juga jenis kambing yang kita ternak,misal kita ternak kambing Jawa,kambing Jawa kacang atau jenis kambing lainya tentu mempunyai potensi keuntungan yang berbeda beda.jadibperhatikan baik baik dalam pemilihan bibit kambing untuk kalkulasi biaya perawatan juga keuntungan yang didapat.

1. Pakan,masalah pakan ini juga tidak kalah penting .banyak dari peternak kambing khususnya di kampung mereka memberikan pakan kambing secara asal asalan tanpa melihat atau mengukur kandungan gizi untuk perkembangan kambing tersebut.sehingga hal ini menjadi sangat penting untuk menentukan keuntungan yang didapat saat panen atau penjualan kambing hasil ternak selama ini.

2. Ukuran kandang,anda bisa siapkan ukuran kandang jangan terlalu besar agar bisa menghemat dari segi material pembuatan kandang.cukup ukuran 1.5 x 3 meter untuk kapasitas 10 ekor kambing.dengan ukuran yang tidak terlalu besar maka akan mengurangi aktifitas kambing itu sendiri tetapi bisa maksimal dalam populasi juga perkembangan pertumbuhan kambing lebih cepat.Dengan menggunakan sistem panggung maka kandang akan jauh lebih mudah untuk dilakukan pembersihan kandang.

3. Perawatan kandang,anda bisa lakukan perawatan kandang secara rutin setiap hari misal kotoran kambing,juga tempat pakan juga kokopan kambing sehingga terhindar dari penyakit yang bisa menyerang kambing itu sendiri.

Jenis kandang kambing
Untuk jenis kandang kambing biasanya menggunakan jenis panggung karena mempunyai banyak keunggulan misal diantaranya:
Kebersihan kandang akan lebih terjaga, karena apa kotoran dan air kencing akan jatuh ke bawah.
Kandang kering, sehingga penyakit yang disebabkan oleh parasit dan jamur tidak mudah.
Terhindar dari serangan hewan liar, kambing juga menjadi sasaran hewan liar seperti anjing jadi dengan tipe panggung akan jauh lebih aman

Bibit

Bibit kambing yang baik adalah berumur kurang lebih dari 6 bulan.
Berekor gemuk (bukan berbentuk cambuk).Badan panjang, jantan (lebih diutamakan).Tegap dan sehat.
Memilih Anakan kambing yang berusia lebih dari 6 bulan dipilih karena pada usia tersebut sudah memasuki periode pembentukan daging atau pertumbuhan sehingga akan lebih cepat gemuk.

pakank kambing

Perlu diketahui teman teman pakan kambing membutuhkan kandungan yang berserat tinggi misal (rumput, jerami, dll.) sebagai sumber utama energi dan mengubah senyawa senyawa nitrogen yang bukan protein (NBP).
Fermentasi pada pakan kambing dan konstrat dapat memenuhi kebutuhan protein dan serat kasar untuk kebutuhan pakan kambing yang sangat dibutuhkan dalam proses penggemukan kambing. Fermentasi juga sangat baik dan  berguna untuk menyeimbangkan pengeluaran yang tinggi dari pakan konsentrat (Efisiensi).
Anda bisa manfaatkan limbah pertanian yangvdapat di fermentasi s bagai pakan dasar misal kulit kakao,kulit kopi,kulit markisa,jerami,kulit nanas dan masih banyak lagi.
Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing:
Cucilah jerami dengan air mengalir. Ini agar berguna untuk menghilangkan kotoran yang dapat mengganggu proses fermentasi pada  pakan.
Kering juga jangan lupa anginkan jerami sampai dirasa kadar airnya sedikit mualai berkurang dan terhindar dari kotoran-kotoran yang dapat mengganggu proses fermentasi.

Kemudian Cacah kasar jerami padi berukuran sekitar 8-10 cm. Jangan cacah jerami terlalu kecil, karena dengan ukuran yang terlalu kecil dapat menurunkan nafsu makan kambing.
Kemudian Masukkan jerami kedalam bak/wadah terbuka yang cukup besar.
Lalu Tambahkan Molases, kurangblebih 1 liter Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak, dan air secukupnya.
Lalu Aduk aduk sampai hingga dirasa jerami dan bahan tambahan telah tercampur merata.
Kemudian Masukkan kedalam wadah tertutup, kemudian simpan dan diamkan selama satu mingguan.
Setelah satu minggu, pakan fermentasi sudah dapat digunakan.
Pemberian Pakan
Anda bisa lakukan pemberian pakan kambing dengan Frekuensi pemberian pakan bergantung pada jenis pakan yang akan diberikan. Hal yang terpenting adalah kebutuhan pakan terpenuhi dan diberikan secara rutin setiap hari dengan mempertimbangkan kandungan nutrisi dari pakannya.
Perawatan Ternak Kambing
Dengan merawat ternak dengan benar  untuk menjamin keberhasilan dalam proses penggemukan ternak kambing modern. Hal ini sedikit berbeda dengan ternak yang masih tradisonal yang perawatan ternaknya tidak begitu diperhatikan.
Perawatan ternak kambing ini bisa berupa pencukuran bulu kambing, pemotongan kuku, dan perawatan lainnya.
Memandikan Ternak Kambing
Jangan lupa untuk memandikan kambing,Memandikan  kambing sekurang-kurangnya 2 kali dalam setahun. Ternak yang kotor karena tidak pernah dimandikan lebih mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.
Suplemen
Anda bisa memberi Suplemen yang dapat  memenuhi kriteria tersebut yaitu Suplemen Organik Cair GDM.
Suplemen Organik Cair GDM mengandung:Benefical Mocroorganism (bakteri menguntungkan), sehingga mencegah penyakit akibat bakteri, jamur, atau virus masuk kedalam tubuh ternak.
Bakteri yang terkandung dalam SOC GDM berfungsi sebagai pendukung untuk memfermentasi pakan.
Mengandung unsur nabati dan hewani yang sangat dibutuhkan oleh ternak
Dapat menciptakan antibodi/kekebalan tubuh, sehingga ternak tidak mudah terserang penyakit
Memperbaiki metabolisme, sehingga pertumbuhan ternak menjadi optimal dan besar.
Kotoran ternak menjadi tidak bau, karena proses pencernaan ternak dibantu oleh Benefical Mocroorganism.
Ramah lingkungan, karena 100% organik.
Aman digunakan dalam jumlah besar dan dalam jangka panjang.
Meningkatkan kemampuan ternak dalam mencerna pakan
Meningkatkan nafsu makan ternak dan menjaga keseimbangan mikroflora dalam pencernaan ternak.
Begitu banyaknya manfaat dari Suplemen Organik Cair GDM ini, tentu Anda sebagai peternak kambing sangat perlu menambahkan kedalam list dalam perawatan ternak kambing modern.
Semoga bermanfaat dan semoga sukses dalam budidaya ternak kambing.

, , , , , ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah sukses memulai ternak kambing"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer