Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Cara ternak kelinci tanpa ngarit untuk anda coba


Cara Ternak Kelinci Tanpa Ngarit untuk anda coba– kelinci adalah salah satu hewan ternak yang banyak digemari oleh berbagai kalangan mulai dari anak anak hingga dewasa.kelinci merupakan hewan yang lucu juga sangat mudah dipelihara.
Teman teman ngapapak mungkin disini ada yang pernah mencoba atau memelihara ternak kelinci bisa sharing disini,atau mungkin teman teman yang baru saja ingi terjun memulai bisnis ternak kelinci tentu anda banyak banyak belajar bagaimana berternak kelinci dengan benar.
Bisnis ternak kelinci mempunyai peluang yang tidak kalah besar karena banyaknya pecinta kuliner sate kelinci juga sebagai peliharaan kelinci untuk sebagai hiasan di halaman rumah.
Kelinci juga sangat rentan terhadap penyakit misal kudis yang terkadang membuat kesehatan kelinci terganggu dan juga sangat menular pada kelinci kelinci yang lain.
Budidaya kelinci tergolong Gapang gampang mudah untuk kita kembangkan karena apa.berternak kelinci bisa berkembang sangat cepat karena kelinci mampu menghasilkan anak sekali melahirkan bisa belasan ekor anak kelinci.tetapi tidak semulus saat membesarkan.karena anak kelinci dilahirkan dari bayi atau istilah cindil yang rentan terhadap penyakit dan mengganggu pertumbuhan.
Banyak kasus anak kelinci yang mati dan hanya beberapa saja anak kelinci yang berhasil hidup.
Selain itu kelinci juga sangat rawan akan serangan dari hewan buas lainya untuk dimangsa misal kucing ataupun gogog yang setiap kali melihat kelinci pasti langsung menjadi santapan untuk diterkam
Jadi sebaiknya kelinci dibuatkan kandang khusus untuk memelihara kelinci agar bebas dari ancaman serangan hewan buas.
Teman teman Ngapak mungkin disini ada yang tertarik dengan budidaya kelinci bisa simak ulasan berikut ini yang berhasil saya ulas dari situs infokelinci.com
Cara Ternak Kelinci Tanpa Ngarit Untuk Pemula
Perlu diketahui teman teman Ngapak bahwa Jenis kelinci yang dibudidayakan atau dirawat terdapat dua, yg pertama jenis kelinci hias dan yg ke 2 jenis kelinci pedaging atau untuk pada perjualbelikan sebagai lauk. Kelinci hias biasanya hanya dimanfaatkan sebagai hiasan atau hanya dijadikan menjadi hewan peliharaan saja misalnya kucing. Jenis kelinci pedaging umumnya memang sengaja dibudidayakan buat di ambil dagingnya dan dimanfaatkan sebagai lauk. Contohnya; sate kelinci. Anda bisa menjadi pemasok daging kelinci buat restoran- restoran yang menjual daging kelinci.
Kelinci dalam umumnya diberi pakan rumput atau wortel buat kuliner sehari- hari. Namun, dijaman misalnya kini   ini sudah jarang anak muda yg mau mencari rumput (ngarit) hanya buat sekedar memberi makan kelinci. Agar Anda sukses beternak kelinci, Anda mampu memberi kelinci Anda dengan makanan alternatif yg ada disekitar Anda.
Kelinci ini selain sanggup diambil dagingnya buat dikonsumsi, Anda juga sanggup memanfaatkan kulit & bulu woolnya buat industri pakaian juga tas. Sayangnya, di Indonesia kulit & bulu kelinci ini masih belum berkembang & jarang digunakan. Itulah sebabnya para peternak kelinci umumnya beternak kelinci hanya buat dijadikan kelinci pedaging saja.
Ternak kelinci tanpa ngarit mampu Anda coba dengan pemberian  pakan selain rumput. Biasanya para peternak besar  memberikan pelet buat kelinci mereka. Lalu bagaimana menggunakan peternak kelinci pemula yg baru beternak kelinci beberapa ekor? apabila diberikan pakan pelet tentu akan rugi, kecuali apabila memang merawat kelinci dengan tujuan untuk kesenangan & hobi saja.
Jika Anda ingin beternak kelinci, tetapi terkendala pada pakan pelet yg mahal, Anda bisa mencoba memberikan pakan cara lain  yang tergolong murah dan mampu dihasilkan disekitar Anda. Pakan alternatif itu antara lain adalah sebagai berikut:
1.Bekatul atau dedak hasil limbah penggilingan padi,Solusi ternak kelinci tanpa ngarit yg pertama merupakan dengan memakai pakan dedak. Bekatul atau dedak bisa Anda dapatkan di tempat penggilingan padi. Harganya tentu jauh lebih murah dibandingkan dengan pelet kelinci. Dedak ini diberikan pada kelinci nir utuh dedak saja, melainkan dimix menggunakan bahan kuliner lain.
2. Dedak terigu buat pakan sapi
apabila tidak ada dedak, Anda bisa menggantinya menggunakan dedak gandum yang biasa digunakan buat pakan sapi. Harganya juga masih tergolong murah dibandingkan dengan harga pelet.
3. Konsentrat ayam pedaging
Konsentrat ayam pedaging juga mampu diberikan menjadi campuran pakan kelinci.
4. Molases atau tetes tebu
Molases atau tetes tebu ini sanggup Anda tambahkan pada adonan pakan kelinci seukuran tutup botol saja.
5. Ampas tahu
Takaran untuk pakan kelinci yg pas merupakan deretan antara bekatul, konsentrat & ampas tahu. Anda mampu mengatur perbandingannya diubahsuaikan saja dengan kebutuhan. Tidak ada patokan ukuran spesifik. Untuk awal- awal mungkin pakan ini nir akan habis, tetapi buat selanjutnya kelinci Anda akan terbiasa dan mau menghabiskan semua pakan yg ada.
6. Ampas ubi kayu
Anda juga bisa memberikan ampas ubi kayu buat kelinci Anda.
7. EM 4 (bisa Anda beli di penjual pakan ternak)
EM4 ini mampu Anda dapatkan pada toko khusus pakan ternak. EM4 ini mampu Anda tambahkan pada pakan satu tutup botol saja.
8. Nasi sisa
Solusi ternak kelinci tanpa ngarit selanjutnya merupakan menggunakan menaruh nasi sisa. Pakan yang satu ini, umumnya sering kita jumpai apabila ada nasi sisa kemaren. Nasi residu kemaren umumnya akan sayang bila dibuang begitu saja. Jika dimakan lagi umumnya sudah keras, sebagai akibatnya banyak yang telah nir mau & memilih buat memakan nasi baru. Dari dalam mubadzir, nasi residu ini sanggup lho dijadikan sebagai adonan buat pakan kelinci! Anda cukup mencampurkan nasi residu dengan bahan pakan lain.
9. Daun pepaya

Daun yang satu ini, selain sanggup dijadikan sebagai kulupan atau sayur, mampu juga dijadikan menjadi pakan kelinci. Meskipun getir tapi daun pepaya ini kandungan gizinya sangat tinggi sebagai akibatnya baik buat pertumbuhan kelinci Anda.
10. Kangkung

Sayuran satu ini merupakan yg paling sering dipakai sang para peternak kelinci skala mini   untuk dijadikan menjadi kuliner kelinci. Harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan pelet kelinci tentu lebih menguntungkan para peternak. Meski begitu, Anda harus menentukan sauran yg berkualitas, lantaran apabila keliru sedikit saja, maka kelinci Anda akan mati.
Semoga bermanfaat dan teman teman Ngapak dapat memulai bisnis ternak kelinci dengan benar.

, , , , , , ,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara ternak kelinci tanpa ngarit untuk anda coba"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer